Ada Harapan di dalam Tuhan

Yeremia 30

Yeremia pasal 30 berisi janji pemulihan dari Tuhan bagi bangsa Yehuda, yang diberikan setelah pesan penghakiman yang panjang. Nabi Yeremia diperintahkan oleh Tuhan untuk menuliskan kata-kata penghiburan kepada orang-orang Yehuda.

Pemulihan seperti apa yang dimaksud oleh Tuhan? Pemulihan berarti bahwa kuk penindasan terhadap umat Tuhan akan dipatahkan. Orang Yehuda tidak akan diperbudak lagi dan si penindas akan dihukum Tuhan. Umat Tuhan akan dikembalikan ke tanah yang sebelumnya telah dijanjikan Allah kepada Abraham. Dengan kembalinya bangsa Yehuda ke Tanah Perjanjian, Tuhan berjanji untuk mengganti rasa sakit dan ketakutan dengan kedamaian dan keamanan. Umat Yehuda akan membangun kembali tanah mereka dan Tuhan akan memulihkan kota mereka. Apa yang tampak seperti luka yang tidak bisa disembuhkan ternyata bisa disembuhkan oleh Tuhan. Pada gilirannya, akan ada nyanyian syukur dan suara sukaria (30:19). Pengalaman tidak enak yang pernah mereka alami akan diganti dengan keadaan baik yang Tuhan sediakan bagi mereka.

Janji Tuhan dalam bacaan Alkitab hari ini membicarakan tentang pembaruan hubungan antara Tuhan dengan umat-Nya. Tuhan akan menyertai dan menyelamatkan umat-Nya (30:11). Pesan Nabi Yeremia mengungkapkan bahwa alih-alih melayani penguasa asing, umat Tuhan akan melayani Tuhan (30:9). Pemimpin mereka akan memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Tuhan (30:21), sehingga “Kamu akan menjadi umat-Ku, dan Aku akan menjadi Allahmu” (30:22). Inti pembaruan yang dilakukan Tuhan adalah bahwa Tuhan akan hadir di tengah-tengah mereka dan bahwa hubungan yang benar antara umat Allah dengan Allah akan dipulihkan kembali.

Tuhan memerintahkan Nabi Yeremia untuk menuliskan pesan- pesan-Nya kepada umat Tuhan agar umat-Nya dapat kembali menjalin hubungan yang benar dengan Tuhan. Tuhan menjanjikan penghiburan kepada mereka. Kita bisa melakukan hal yang sama untuk mengingatkan diri kita sendiri tentang kesetiaan Tuhan. Dari semua ayat dalam pasal 30 ini, ayat mana yang telah menghibur dan menguatkan iman Anda? Apakah Anda meyakini bahwa Tuhan berbicara kepada Anda melalui firman-Nya yang kekal? [J]

Date

Sep 28 2021
Expired!