Anugerah dan Berkat dari Tuhan

Yeremia 52

Akhir Kitab Yeremia—yang isinya merupakan pengulangan kisah penaklukan kota Yerusalem oleh tentara Babel—menggarisbawahi kebenaran firman Tuhan. Sejak awal, Nabi Yeremia telah diutus Tuhan untuk memperingatkan orang-orang Yehuda tentang kedatangan bencana dari utara akibat dosa dan ketidaktaatan mereka. Nubuat Tuhan itu telah digenapi dan dikisahkan secara terperinci dalam bacaan Alkitab hari ini, yaitu bahwa tentara Babel telah datang untuk menghancurkan Yerusalem dan mengangkut ribuan orang Yehuda ke tempat pembuangan. Penyebab terjadinya peristiwa tersebut adalah bahwa Tuhan murka terhadap Yerusalem dan Yehuda, sehingga Ia membuang mereka dari hadapan-Nya (52:3).

Rumah Tuhan—lambang hadirat Tuhan—dibakar oleh tentara Babel (52:13). Hilangnya hadirat Tuhan merupakan salah satu tema penting dalam pasal ini. Penghancuran Bait Suci itu dijelaskan dalam 7 ayat (52:17-23). Penggambaran yang sangat jelas dan rinci dari segala barang yang ada di dalam Bait Suci mengingatkan kita pada kemuliaan Bait Suci sebelumnya di bawah pemerintahan Raja Salomo. Namun, lambang kemuliaan hadirat Tuhan itu telah hancur.

Empat ayat terakhir dalam bacaan Alkitab hari ini (52:31-34) memperlihatkan kepada kita tentang keadaan menguntungkan yang dinikmati oleh Raja Yoyakhin. Meskipun dia adalah raja yang jahat, dia mengalami anugerah dan berkat Tuhan, sebuah pengingat yang terlihat bagi semua orang Yehuda yang masih hidup bahwa kehadiran dan berkat Tuhan tidak akan ditahan selamanya. Pemulihan belum tiba, tetapi hari itu akan datang karena firman Tuhan itu benar.

Nama Nabi Yeremia tidak muncul di dalam pasal ini, karena tokoh utama dalam Kitab Yeremia bukanlah Nabi Yeremia, melainkan Tuhan Allah. Kitab Yeremia adalah kitab yang panjang dan terkadang sulit. Namun, kita tahu bahwa seluruh isi Kitab Suci mengajar kita tentang kebenaran-kebenaran yang penting. Coba sebutkan hal-hal yang telah Tuhan tunjukkan kepada Anda selama Anda membaca dan mempelajari Kitab Yeremia ini! Bersyukurlah kepada Tuhan untuk firman- Nya yang bisa Anda baca! Simpanlah firman-Nya di dalam hati Anda dan lakukanlah firman-Nya! [J]

Date

Oct 18 2021
Expired!