Dongeng Dunia vs Ajaran Alkitab

2 Timotius 3:12-17

Pandemi membuat manusia seperti tertarik kepada dua sisi kehidupan. Di satu sisi, ada orang-orang yang merasa lelah saat menghadapi pandemi. Mereka memilih untuk rebahan saja, menyerah terhadap pandemi. Di sisi lain, ada orang-orang yang gigih. Mereka menghalalkan segala cara untuk bisa bertahan dan mengalahkan pandemi. Mereka ingin dianggap sukses dan mampu membuat terobosan. Sangat mungkin, gereja pun berada pada dua sisi kehidupan tersebut. Di saat yang sama, Iblis—dalam rupa ajaran sesat dan gaya hidup duniawi—merangsek masuk untuk melemahkan iman kita! Bagaimana seharusnya sikap gereja? Nasihat Rasul Paulus perlu kita perhatikan.

Rasul Paulus menggambarkan ajaran sesat sebagai omongan yang kosong dan tak suci, yang menyebar seperti kanker. Ajaran ini membuat manusia mencintai dirinya sendiri dan menampilkan gaya hidup yang duniawi (2 Timotius 2:16-17; 3:2-5). Ajaran sesat dan gaya hidup yang duniawi adalah dua senjata Iblis yang membuat gereja mengarahkan hati kepada dongeng-dongeng dunia dan kisah-kisah kesuksesan manusia yang membanggakan diri sendiri dan bukan menyenangkan hati Tuhan. Jika melihat kedua ancaman di atas, apakah gereja boleh terus pasif? Apakah gereja masih sibuk memopulerkan diri, sedangkan domba-domba yang Tuhan percayakan makin lesu dan disesatkan?

Kesamaan konteks di atas dengan kondisi masa kini menunjukkan bahwa nasihat Rasul Paulus terhadap Timotius sangat relevan bagi gereja pada masa pandemi ini. Gereja harus mengikuti nasihat firman Tuhan karena Tuhan memiliki otoritas atas hidup manusia. Nasihat Tuhan menjungkirbalikkan dongeng-dongeng ajaran sesat dan cara hidup yang duniawi. Nasihat itu juga menuntun gereja untuk kembali kepada prinsip sola Scriptura, yaitu gereja harus dididik berdasarkan kebenaran Alkitab. Gereja harus jujur mengakui dosa-dosanya di hadapan Tuhan serta rela diperbaiki oleh kuasa firman Tuhan, sehingga sola Scriptura mewujudkan otoritas Allah dalam kehidupan umat-Nya. Kembalilah kepada prinsip- prinsip   Alkitab!   Bersyukurlah   karena   Allah   tidak   pernah   berhenti memperlihatkan  kuasanya  dalam  kehidupan  umat-Nya!  Apakah  Anda bersedia membuka diri untuk dikoreksi oleh kebenaran firman Allah? Apakah Anda sudah memakai firman Allah sebagai perlengkapan senjata terang untuk melawan dongeng-dongeng ajaran sesat dan cara hidup yang duniawi? [MP]

Date

Oct 24 2021
Expired!