Dosa dan Hukuman Allah

Amos 1-2

Kekudusan Allah adalah standar yang bukan saja harus dihormati oleh orang percaya, tetapi juga oleh orang yang tidak percaya. Pelanggaran terhadap kekudusan Allah pasti mendatangkan hukuman Allah. Allah—melalui Nabi Amos—mengemukakan rencana-Nya untuk menjatuhkan hukuman terhadap bangsa-bangsa, baik terhadap bangsa- bangsa asing maupun terhadap bangsa pilihan Allah sendiri, yaitu bangsa Israel, baik dari Kerajaan Israel Selatan (Yehuda) maupun dari Kerajaan Israel Utara.

Pasal 1 dan 2 dapat dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu per- nyataan penghukuman terhadap bangsa asing dan pernyataan penghu- kuman terhadap umat pilihan Allah. Frasa “karena tiga perbuatan jahat …, bahkan empat” yang diulang-ulang (1:3,6,9,11,13; 2:1,4,6) menyi- ratkan adanya alasan yang cukup dari pihak Allah untuk menjatuhkan hukuman terhadap bangsa-bangsa. Tidak ada satu bangsa pun yang tidak memiliki cacat di hadapan Allah yang kudus. Satu “dosa kecil” di hadapan Allah sudah cukup menjadi alasan bagi Allah untuk menjatuhkan hukuman, apalagi terdapat dosa-dosa yang amat banyak.

Frasa “Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku” yang diulang sebanyak delapan kali (1:3,6,9,11,13; 2:1,4,6) menyiratkan kepastian dijatuhkannya hukuman Allah. Allah pasti akan menghukum setiap pelanggaran terhadap kekudusan-Nya tanpa ada yang dikecualikan. Kota-kota atau bangsa-bangsa yang disebutkan dalam bacaan Alkitab hari ini-—Damsyik, Gaza, Tirus, Edom, Amon, Moab, Yehuda, Israel— bukan saja menyiratkan kelengkapan dan kepastian hukuman yang akan Allah timpakan, tetapi juga menyiratkan bahwa tidak ada satu pun bangsa yang dapat lolos dari hukuman Allah.

Allah tidak bersikap semena-mena dan juga bukan tanpa alasan saat menghukum seseorang. Allah pasti akan menghukum setiap bentuk pelanggaran terhadap kekudusan-Nya. Allah itu kasih, tetapi Allah itu juga adil. Oleh karena itu, Ia pasti akan menjatuhkan hukuman terhadap semua manusia berdosa. Tidak ada satu pun manusia yang dapat lolos dari penghukuman Allah! Oleh karena itu, selagi masih ada kesempatan untuk bertobat, pergunakanlah kesempatan itu! Pernahkah Anda mengakui dosa kepada Allah dan memohon Allah mengampuni dosa-dosa yang pernah Anda lakukan? [HS]

Date

Nov 01 2021
Expired!