Jangan Memberi Harapan Palsu!

Amsal 13

Pemberi Harapan Palsu atau PHP adalah istilah gaul yang populer bagi orang yang suka memberi harapan atau janji, namun tidak kunjung mewujudkan janji tersebut, sehingga janji itu hanya menjadi harapan palsu. Biasanya, istilah tersebut dipakai dalam relasi pacaran untuk menunjuk kepada pria yang lama berpacaran, tetapi tidak kunjung melamar pacarnya, baik karena tidak mau atau karena tidak mampu menepati janjinya. Sikap PHP ini amat mengecewakan dan membuat hubungan menjadi tidak Jelas.

Penulis Amsal dalam pasal ini mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam memberikan janji/harapan kepada orang lain. “Harapan yang tertunda menyedihkan hati, tetapi keinginan yang terpenuhi adalah pohon kehidupan.” (13:12). Arti frase “Pohon kehidupan” dalam ayat ini merupakan ungkapan sukacita yang muncul dari dalam hati. Perasaan seperti ini merupakan kebalikan dari orang yang sedih hati karena mengalami harapan yang tertunda. Sebagai anak-anak Tuhan yang berhikmat, kita harus berhati-hati sebelum memberi harapan atau janji. Sebagaimana Allah tidak pernah melanggar janji (Mazmur 89:35), demikian pula anak-anak Allah harus berusaha untuk selalu menepati setiap janji yang kita ucapkan. Selama ini, apakah semua janji atau harapan yang Anda berikan kepada orang lain selalu berusaha untuk Anda penuhi? Jangan sampai kita memberi harapan yang palsu kepada orang lain karena harapan palsu sangat mengecewakan dan membuat hidup kita tidak menjadi berkat.

Contoh yang sederhana adalah mengenai janji bertemu. Sebagai anak-anak Tuhan, apakah Anda selalu menghormati atau menghargai orang lain dengan berusaha datang tepat waktu—atau bahkan datang lebih awal—baik saat rapat atau saat berjanji untuk hang out, supaya orang lain tidak perlu menunggu kedatangan Anda? Orang tua juga perlu berhati-hati saat berjanji kepada anak. Apakah ada janji yang belum Anda tepati, atau yang enggan untuk Anda tepati? Kadang-kadang, bisa saja ada janji yang tidak mampu untuk kita tepati. Saat tidak bisa menepati janji, apakah Anda menjelaskan apa yang terjadi kepada anak-anak Anda? Apakah perkataan Anda bisa dipercaya oleh rekan-rekan di kantor atau di sekolah Anda? Pertimbangkanlah masak- masak sebelum Anda berjanji! Jadilah orang yang selalu berusaha menepati janji! [FL]

Date

Nov 20 2021
Expired!