Jangan Merasa Kebal Godaan!

Nasihat untuk menjauhi perzinahan semakin menguat. Nasihat ini bukan hanya untuk dipelihara dan dipegang, tetapi untuk ditempel di hati dan dikalungkan di leher (6:21), bahkan disimpan seperti biji mata, ditempel di jari, serta dituliskan di hati (7:3-4). Mengapa demikian?

Ada tiga alasan penting untuk menghindari perzinahan: Pertama, godaan ke dalam dosa seksual itu amat kuat dan licik. Godaan itu licik karena wanita yang menggoda memakai bahasa yang sangat rohani (7:14). Godaan itu kuat karena rayuan dilancarkan dengan berbagai bujukan (7:21). Kedua, manusia itu lemah. “Tiba-tiba orang muda itu mengikuti dia seperti lembu yang dibawa ke pejagalan” (7:22a). Ayat ini menggambarkan betapa bodoh dan lemahnya orang muda yang jatuh itu. Ketiga, kejatuhan dalam perzinahan bisa menghancurkan kehidupan (7:26). Saat seseorang tertangkap basah sedang berzinah, ia bisa mendapat siksaan, cemoohan, dan mengalami rasa malu yang luar biasa(6:32). Bila perzinahan itu berhasil disembunyikan, sadarilah bahwa Tuhan tahu dan Ia akan membawa perkara itu dalam pengadilan kekal.

Bahaya perzinahan bisa mengancam siapa saja, bukan hanya anggota jemaat, tetapi juga para pemimpin Kristen. Ravi Zacharias, seorang pemimpin Kristen berskala dunia, sisi hidupnya yang berdosa terbongkar setelah ia wafat. Secara diam-diam, ternyata ia telah melakukan pelecehan seksual terhadap banyak wanita. Ravi telah banyak menyampaikan pesan kebenaran, tetapi amat disayangkan bahwa pesan terakhir kehidupannya yang berdosa menghancurkan apa yang telah ia bangun. Kehidupan Ravi menjadi peringatan bahwa kita semua lemah terhadap godaan seksual yang begitu kuat dan licik. Jangan pernah merasa bahwa Anda kuat dan kebal dari segala godaan! Kekristenan mengenal seorang pemimpin lain, yaitu Billy Graham, yang dianggap sebagai pemimpin Kristen terbesar di abad yang lalu. Sampai saat ia wafat pada usia 99 tahun, ia bersih dari isu seksual. Pasalnya, ia selalu bekerja dalam tim yang saling mengawasi. Beliau tidak pernah pergi ke suatu tempat sen- dirian. Anggota timnya menjaga agar dia jauh dari godaan seksual. Bila kita hendak menghindari kemungkinan terjadinya perzinahan, kita harus menjauh dari semua kemungkinan yang bisa membuat kita jatuh ke dalam dosa! Apakah Anda sudah memiliki tekad—dan mengambil langkah-langkah—untuk menjauh dari godaan seksual? [FL]

Date

Nov 14 2021
Expired!