Jangan Terbuai Iklan!

Amsal 9

Pada zaman ini, terjadi pergeseran pola transaksi jual beli. Dahulu, kita harus datang ke sebuah toko untuk membeli barang. Sekarang, kita bisa tetap berada di rumah dan tinggal ‘memainkan jari’ di handphone kita, dan barang yang kita beli bisa langsung dikirimkan. Tidak jarang terjadi penipuan dalam pembelanjaan online seperti pengiriman paket kosong. Pembelanjaan barang secara online harus dilakukan secara berhati-hati. Jangan biarkan diri Anda terbuai oleh iklan harga murah yang ternyata merupakan penipuan. Pasal sembilan adalah bagian akhir pembahasan tentang hikmat. Penulis mengajak pembaca untuk memilih jalan hidup berhikmat. Jangan terbuai oleh iklan jalan hidup yang bodoh: terlihat indah, tetapi sebenarnya menipu.

Jalan hidup yang berhikmat terlihat dari kematangan persiapan yang dilakukan, yaitu bangunan rumah yang indah dan megah dengan tujuh tiang serta persiapan pesta yang sempurna (9:1-3). Jalan hidup berhikmat juga digambarkan melalui usaha menjangkau pendengar (9:3- 9). Orang yang hidup di jalan berhikmat adalah orang yang hidupnya penuh hikmat dan pengertian (9:10-12). Sebaliknya, orang yang hidup di jalan kebodohan digambarkan sebagai tidak memiliki persiapan karena ia tidak berpengalaman (9:13). Ia terlihat mengundang dengan kata-kata yang menggiurkan (9:17) tetapi hasilnya adalah kehidupan yang berantakan penuh penipuan (9:18).

Hidup mengikut Kristus adalah jalan hidup yang berhikmat. Tuhan Yesus menghendaki agar setiap pengikut-Nya percaya bahwa Dialah jalan yang benar yang membawa kehidupan. Semakin hari, hidup kita akan diubah menjadi makin serupa dengan Dia, dan hidup kita akan dipenuhi sukacita dari Tuhan Yesus yang berbeda dengan sukacita yang diberikan oleh dunia (Yohanes 15:11). Sebaliknya, orang yang hidup di jalan kebodohan atau jalan orang berdosa hanya tampaknya saja berbahagia dan penuh kenikmatan, padahal sebenarnya penuh kehampaan, bahkan sedang berada di tepi jurang kebinasaan. Walaupun kita sudah tahu bahwa mengikut Kristus adalah pilihan yang berhikmat, ternyata bahwa hidup mengikut Kristus setiap waktu itu tidak mudah karena kita memiliki kecenderungan berdosa dengan terus-menerus mengumbar nafsu. Saat ini, apakah ada ‘iklan’ mengenai jalan hidup berdosa yang sedang membuai diri Anda? [FL]

Date

Nov 16 2021
Expired!