Janji Keselamatan

Amos 7

Setelah penghukuman diumumkan, baik kepada bangsa asing maupun kepada bangsa Israel, Tuhan mengemukakan janji pemulihan-Nya di bagian akhir kitab Amos. Perkataan “Pada hari itu” (9:11) merujuk pada suatu hari tertentu di masa yang akan datang, setelah bangsa Israel melewati hukuman demi hukuman yang memurnikan mereka, yaitu hari saat Tuhan memulihkan keadaan umat-Nya.

Setelah Tuhan menghukum, di bagian akhir kitab Amos ini, Tuhan berjanji bahwa Ia tidak akan memusnahkan umat Israel sampai habis. Walaupun bangsa Israel dihukum habis-habisan, pada suatu hari nanti, bangsa itu akan dikembalikan ke negeri mereka. Bangsa Israel akan kembali akan diberkati oleh Tuhan, bahkan mereka akan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa lain.

Janji Tuhan bagi umat Israel meliputi: pemulihan kerajaan Daud (9:11-12) dan kesejahteraan secara jasmani (9:13-14), serta janji bahwa Tanah Perjanjian akan menjadi milik tetap umat Israel (9:15). Dalam janji pemulihan yang diberikan Tuhan (9:11-15), paling tidak enam kali Tuhan mengatakan bahwa Ia “akan …”. Perkataan tersebut mengungkapkan bahwa Tuhan sangat rindu untuk—dan pasti akan—melaksanakan janji- Nya dengan segera. Sama seperti hal hukuman Tuhan bersifat pasti, janji Tuhan pun juga bersifat pasti dan akan segera terlaksana pada waktu yang ditetapkan Tuhan. Kasih sayang Tuhan sangat besar—bahkan terlampau besar—bagi umat manusia. Di satu sisi, walaupun Tuhan menjatuhkan hukuman. Di balik hukuman tersebut terdapat maksud baik Tuhan, yaitu memurnikan hati orang percaya. Di sisi lain, Tuhan sangat menyayangi umat-Nya, sehingga hukuman terhadap umat-Nya tidak dijatuhkan tanpa batas waktu. Setelah umat Allah bertobat, Tuhan memulihkan dan memberikan berkat-Nya yang melampaui keadaan kita sebelum kita jauh dari Dia.

Dosa menarik orang untuk menjauhi Tuhan. Akan tetapi, kasih Tuhan melampaui dosa manusia. Kasih Tuhan menarik orang percaya untuk kembali kepada-Nya. Bila seseorang bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus, Allah akan memulihkan. Dia bukan hanya berjanji untuk memberkati, tetapi juga berjanji untuk memberi kepastian keselamatan. Apakah Anda telah datang kepada Tuhan Yesus untuk mengaku dosa? Apakah Anda telah memperoleh kepastian keselamatan? [HS]

Date

Nov 07 2021
Expired!