Mendengarkan Firman

Yeremia 10:17-11:17

Mendengarkan dengan gegabah dapat mengakibatkan kesalahan yang serius. Akan tetapi, tidak mendengarkan apa yang seharusnya kita dengarkan bisa berakibat lebih fatal lagi. Dalam Alkitab, kata “mendengar” tidak hanya berarti menangkap bunyi atau suara, tetapi juga berarti memberi respons, yaitu dengan mengambil langkah untuk melakukan atau mengimplementasikan.

Bangsa Israel adalah bangsa yang terikat kepada Allah melalui sebuah kovenan atau perjanjian. Sebagai umat perjanjian, bangsa Israel seharusnya hidup sesuai dengan ikatan perjanjian itu. Namun, di bagian ini (11:1-17), bangsa Israel justru mengingkari perjanjian dengan hidup memberontak kepada Allah. Mereka menolak untuk mendengar dan menaati atau melakukan firman Tuhan (11:3-4,7-8,10). Apa yang mereka lakukan menyakitkan hati Allah dan membuat Allah mengeluh (banding- kan dengan 11:17). Sebagai akibat dari kedegilan hati mereka yang jahat, Tuhan akan mendatangkan hukuman atas mereka dan Ia menolak untuk mendengarkan doa mereka (11:8,11,14).

Umat Tuhan harus mendengarkan firman-Nya. Ini adalah standar paling mendasar sebagai umat Tuhan. Tuhan telah menyatakan diri-Nya dan kehendak-Nya melalui firman-Nya. Ia menghendaki agar umat-Nya hidup menaati Dia, agar mereka menjadi umat Allah dan Ia menjadi Allah mereka (11:4). Tuhan ingin agar Anda mendengarkan firman-Nya. Bila Anda benar-benar ingin mendengarkan firman-Nya, Anda harus me- nyediakan waktu untuk membaca dan mempelajari Alkitab secara serius setiap hari. Thomas à Kempis (1379-1471) pernah menulis, “Diberkatilah setiap telinga yang tidak hanya mendengar suara yang terdengar, melainkan mencari kebenaran yang terkandung dalam suatu pengajaran. Diberkatilah mata yang tertutup untuk hal-hal duniawi, tetapi terbuka untuk hal-hal rohani. Diberkatilah mereka yang dengan sukacita memberikan waktunya bagi Allah dan melepaskan diri dari semua penghalang di dunia ini. Pertimbangkanlah hal-hal ini, o jiwaku, dan dengarkanlah Tuhan Allahmu berbicara.” Kapankah terakhir kali Anda meminta Tuhan membuka hati Anda agar Anda dimampukan untuk mendengar dan menerima firman-Nya? Berdoalah agar Tuhan memberi Anda bukan hanya telinga untuk mendengar, tetapi juga hati untuk melakukan firman-Nya! [J]

Date

Sep 10 2021
Expired!