Panggilan Allah

Yeremia 1

Setiap atasan yang bijaksana pasti akan memilih orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat, karena setiap pekerjaan membutuhkan kualifikasi dan spesifikasi tertentu untuk menanganinya. Oleh karena itu, para atasan harus mengenal dan mempersiapkan bawahannya yang berpotensi dan bisa diandalkan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu.

Pasal pertama kitab Yeremia dimulai dengan panggilan Allah kepada Yeremia. Tuhan tidak keliru atau sembarangan saat menunjuk Yeremia sebagai pembawa suara Tuhan bagi umat-Nya. Tuhan telah mempersiapkan Yeremia sejak kekekalan, yaitu sebelum ia berada dalam kandungan ibunya (1:5). Saat memanggil Yeremia, Tuhan berkata bahwa Ia telah “mengenal, menguduskan, dan menetapkan” Yeremia sebagai hamba-Nya. Pernyataan Allah kepada Yeremia itu mengungkapkan beberapa kebenaran: Pertama, kita dipilih untuk menggenapi tujuan-Nya. Kedua, kita dipanggil secara pribadi untuk melaksanakan tujuan-Nya. Ketiga, kita dipisahkan dari dunia untuk melakukan kehendak-Nya. Keempat, secara khusus, kita dipanggil untuk melakukan pekerjaan-Nya.

Sekalipun Yeremia menyatakan keberatan karena merasa tidak mampu (1:6), Tuhan mengatakan bahwa Ia akan mendampingi saat Yeremia menjalankan tugasnya (1:7-8). Yeremia hanya perlu taat karena Yeremia harus melayani dengan cara Allah, bukan dengan caranya sendiri. Tugas utama Yeremia adalah menyampaikan firman Allah dan ia akan pergi dengan kekuatan dari Allah. Tuhan tahu bahwa Yeremia akan terus-menerus berjuang memberitakan firman-Nya, walaupun pemberi- taannya selalu mendapat penolakan. Hampir tidak ada orang yang mau mendengar berita yang disampaikannya. Sekalipun demikian, Yeremia dituntut untuk setia menjalankan tugas menyampaikan firman Tuhan (1:9-10,17). Yeremia adalah potret seorang nabi sejati di antara ribuan nabi palsu yang tidak setia pada firman Allah.

Memahami panggilan Allah kepada Nabi Yeremia bukan hanya sangat penting untuk memahami keseluruhan kitab Yeremia, tetapi juga untuk memahami panggilan kita sendiri sebagai pemberita Injil kerajaan Allah. Seperti Nabi Yeremia, semua orang percaya wajib melaksanakan Amanat Agung Kristus (Matius 28:19-20; 2 Timotius 4:2). Apakah Anda setia kepada Allah yang telah memanggil dan memperlengkapi diri Anda? [J]

Date

Sep 01 2021
Expired!