Pemimpin yang Dihormati dan Dikasihi

Amsal 22

Setiap orang adalah pemimpin, setidaknya pemimpin bagi dirinya sendiri. Ada dua tipe pemimpin: Pertama, pemimpin yang dihormati, namun tidak dikasihi. Pemimpin semacam ini biasanya berwibawa, visioner, perkataannya penuh hikmat, namun menjaga jarak dengan pengikutnya, kurang hangat, dan tidak pandai berelasi. Tipe pemimpin pertama rentan akan bahaya kesepian. Kedua, pemimpin yang dikasihi, namun kurang dihormati. Pemimpin ini diangkat jadi pemimpin karena populer, banyak yang menyukai dia. Dia dekat dan hangat dengan para pengikutnya. Setiap orang bisa merasakan kebaikan hatinya. Namun, saat memimpin, organisasi yang ia pimpin berjalan di tempat. Pemimpin jenis ini lebih menekankan kebersamaan ketimbang pencapaian. Sangat jarang ditemukan pemimpin yang dihormati dan sekaligus dikasihi.

Kitab Amsal mengingatkan pentingnya kedua hal di atas dalam diri kita, “Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.” (22:1). Pada masa kini, sering kali orang mengorbankan salah satu atau kedua hal itu. Ada orang yang menipu orang lain, lalu pindah ke kota lain. Ada wanita yang hamil di luar nikah, lalu meninggalkan kota untuk melahirkan anak-anak mereka. Banyak orang pada zaman ini yang mengabaikan pentingnya “nama baik” atau kehormatan dan lebih mengutamakan pencapaian atau pemuasan diri sendiri. Penulis Amsal ini mengingatkan bahwa dikasihi dan dihormati itu sama penting. Keduanya—dihormati dan dikasihi— sangat berharga dan bernilai, serta tidak dapat dibandingkan dengan kekayaan materi.

Anak-anak Tuhan tidak perlu mengejar persepsi orang untuk dihormati dan dikasihi karena kita telah dikasihi dan dihormati oleh Tuhan sendiri. Namun, hal itu tidak berarti bahwa kita boleh hidup asal- asalan. Anak-anak Tuhan harus hidup bagi Tuhan serta mengarahkan hati kepada Yesus Kristus yang menjadi teladan untuk dihormati dan dikasihi. Saat Tuhan Yesus hadir sebagai Manusia di dunia ini, Ia tidak mencari hormat dan kasih dari para pengikut-Nya. Ia punya visi yang jelas untuk menggenapi rencana Allah Bapa dengan salib sebagai fokus hidup-Nya. Namun, Ia memiliki relasi yang dekat dengan para pengikut- Nya. Ia hidup bersama-sama dengan mereka. Ia membuka hidup-Nya untuk dilihat dan dikenal. Apakah Anda memiliki kesulitan untuk menjadi pribadi yang dihormati dan dikasihi? [FL]

Date

Nov 29 2021
Expired!

Time

8:00 am - 6:00 pm