Pemulihan dan Pengampunan Tuhan

Yeremia 33

Bacaan Alkitab hari ini mengakhiri pesan penghiburan kepada umat Yehuda. Sebelumnya, Tuhan sudah menyampaikan bahwa Ia akan menghapus penderitaan umat-Nya, memperbarui hubungan dengan me- reka, dan mengadakan perjanjian baru dengan mereka. Di pasal 33 ini, Tuhan menekankan janji pemulihan yang bisa dibagi dalam dua bagian.

Bagian pertama berfokus pada pemulihan rakyat Yehuda, dari keadaan buruk menjadi baik. Ayat 6-13 menyajikan gambaran tentang orang-orang yang dipulihkan. Bangsa yang hancur akan disembuhkan. Akan ada kelimpahan, kedamaian, dan keamanan. Tanah yang semula sunyi akan bergema dengan suara kegirangan, kegembiraan pernikahan, serta ungkapan syukur. Inti dari janji-janji ini adalah pernyataan Tuhan bahwa Dia akan menyelesaikan masalah mendasar dalam diri umat- Nya, “Aku akan mentahirkan mereka dari segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa terhadap Aku, dan Aku akan mengampuni segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku” (33:8). Tanpa penyucian dari dosa, tidak ada pemulihan yang sejati. Umat-Nya akan membawa kemasyhuran, pujian, dan kehormatan bagi Tuhan di hadapan semua bangsa di bumi (33:9).

Bagian kedua berfokus pada pemulihan kepemimpinan. Mengingat kegagalan kepemimpinan para raja, nabi, dan imam, perkataan Tuhan di sini sangat penting untuk didengar. Selain akan mengembalikan umat-Nya ke tanah mereka, Tuhan juga akan membangkitkan kepemimpinan yang baru dan saleh. Secara khusus, Tuhan menjanjikan seorang raja dari garis keturunan Raja Daud yang disebut “Tunas keadilan” (33:15), yang akan menyelamatkan umat Tuhan: Yehuda akan dibebaskan dan Yerusalem akan hidup dengan tenteram (ayat 16).

Dalam Perjanjian Baru, kita bisa mengetahui bahwa Tuhan Yesus memenuhi janji Allah tentang pemimpin yang saleh di antara umat-Nya. Melalui Yesus Kristus, Sang Raja yang memimpin kita dan sekaligus Imam Besar yang membersihkan kita dari semua dosa kita, kita mengalami pemulihan dan pengampunan dari Tuhan. Pernahkah Anda mengakui dosa-dosa Anda kepada Tuhan, dan kemudian bersyukur kepada-Nya karena Ia telah menyediakan pembersihan dan pemulihan bagi Anda di dalam Tuhan Yesus? [J]

Date

Oct 01 2021
Expired!