Sang Penguasa

Matius 8:23-27

Sebelum Tuhan Yesus memberikan amanat kepada para murid untuk pergi ke seluruh dunia untuk menjadikan semua bangsa sebagai murid-Nya, Tuhan Yesus mengemukakan bahwa Dialah yang memiliki segala kuasa di sorga dan di bumi (28:18). Sebenarnya, kuasa yang dimiliki oleh Tuhan Yesus ini telah terlihat dalam pelayanan-Nya. Banyak hal yang dilakukan Tuhan Yesus yang memperlihatkan keilahian-Nya. Pada masa itu, penyakit kusta adalah penyakit yang tidak bisa diobati. Akan tetapi, Tuhan Yesus sanggup menyembuhkan atau menahirkan orang yang berpenyakit kusta (8:2-3). Penyakit lumpuh, buta, dan bisu yang tidak dapat disembuhkan pun juga bisa disembuhkan oleh Tuhan Yesus (8:5-12; 9:27-33). Yang paling menakjubkan, orang mati pun bisa Dia bangkitkan (9:18-25). Di samping itu, Tuhan Yesus juga memiliki kuasa untuk mengusir roh jahat (8:28-33; 9:32-33) serta memiliki kuasa untuk menghentikan angin ribut (8:24-26). Banyak hal yang dilakukan oleh Tuhan Yesus itu merupakan hal-hal yang tidak pernah bisa dilakukan oleh manusia biasa (8:27; 9:33).

Pada masa pandemi ini, penting bagi kita untuk meyakini bahwa Tuhan Yesus adalah Sang Penguasa yang memiliki kuasa atas segala sesuatu, termasuk kuasa untuk menyembuhkan Covid-19. Akan tetapi, kita perlu menyadari bahwa kita tidak berhak mengatur apa yang harus Dia lakukan. Dia memiliki kuasa untuk menyembuhkan, tetapi Dia tidak memiliki kewajiban untuk menyembuhkan. Dia bebas untuk menentukan apa yang Dia pandang baik untuk Dia lakukan. Di Palestina pada zaman Tuhan Yesus masih amat banyak orang yang sakit atau kerasukan setan, tetapi tidak disembuhkan. Kita tidak bisa memaksa Tuhan Yesus melakukan apa yang kita kehendaki. Pada masa kini pun, Tuhan Yesus tidak memiliki kewajiban untuk menghentikan pandemi Covid-19. Pemahaman kita tentang kemahakuasaan Tuhan Yesus seharusnya tidak membuat kita memaksa Tuhan untuk melakukan apa yang kita inginkan. Sebaliknya, pemahaman tersebut seharusnya membuat kita bersandar kepada-Nya dan memohon pertolongan-Nya.

Apakah Anda meyakini bahwa Yesus Kristus adalah pemegang kekuasaan di sorga dan di bumi? Apakah Anda meyakini bahwa Dia berkuasa untuk menghentikan pandemi, bila hal itu Dia kehendaki? Apakah Anda selalu berusaha bersandar kepada pertolongan Tuhan Yesus, khususnya saat Anda menghadapi masalah besar? [P]

Date

Dec 24 2021
Expired!