Sang Penyelamat

Roma 5:12-21

Natal adalah hari raya untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus di dunia ini. Kelahiran Yesus Kristus adalah kelahiran yang istimewa yang tidak memiliki kesamaan dengan semua kelahiran manusia di dunia ini. Maria—ibu Yesus-Kristus—hamil bukan karena hasil hubungan suami istri, tetapi karena Roh Kudus (Matius 1:18). Ingatlah bahwa Yesus Kristus telah ada sejak kekekalan bersama-sama dengan Allah Bapa dan Allah Roh Kudus. Yesus Kristus—Sang Allah Anak—adalah Firman yang pada mulanya bersama-sama dengan Allah, lalu menjadi Manusia dan tinggal di antara manusia (Yohanes 1:1,2,14). Oleh karena itu, kelahiran Yesus Kristus ini juga disebut sebagai inkarnasi Allah menjadi Manusia.

Allah menjadi Manusia karena umat manusia telah jatuh ke dalam dosa melalui kejatuhan Adam—dan Hawa—ke dalam dosa. “Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.” Banyak orang— termasuk orang Kristen—memandang kejatuhan Adam dan Hawa ke dalam dosa hanya sebagai kisah kuno yang menarik, tetapi tidak menyadari bahwa kejatuhan tersebut berkaitan dengan seluruh umat manusia. Kejatuhan Adam ke dalam dosa itu membawa masuk dosa ke dalam dunia, dan selanjutnya membawa kematian. Oleh karena itu, setiap orang dilahirkan dalam kondisi berdosa, bahkan dalam kondisi mati secara rohani (Roma 5:12; Mazmur 51:7; Efesus 2:1). Karena setiap orang dilahirkan dalam keadaan berdosa dan mati secara rohani, manusia tidak mungkin bisa menyelamatkan dirinya sendiri. Itulah sebabnya, Allah menjadi Manusia Yesus Kristus untuk menyelamatkan umat manusia. Maria—Ibu Yesus Kristus—mengandung karena Roh Kudus, bukan karena hubungan suami istri, sehingga Yesus Kristus adalah satu-satunya Manusia yang tidak mewarisi dosa Adam dan dilahirkan dalam keadaan tidak berdosa. Oleh karena itu, hanya Yesus Kristus saja yang sanggup menyelamatkan manusia berdosa (Kisah Para Rasul 4:12)

Apakah pandemi mengubah keadaan manusia berdosa? Tidak! Manusia tetap dilahirkan dalam dosa dan menunggu saat kedatangan masa penghakiman Allah (Ibrani 9:27). Apakah Anda siap menghadapi masa penghakiman itu? Apakah Anda sudah memiliki jaminan keselamatan yang hanya bisa diperoleh dalam diri Yesus Kristus, Sang Juru Selamat itu (Yohanes 3:16; 14:6)?

Date

Dec 19 2021
Expired!