Tuhan Hakim yang Adil

Yeremia 49:23-39

Damsyik adalah ibu kota Aram. Diberitakan dalam nubuatan ini bahwa Damsyik akan panik dan melarikan diri ketika menghadapi musuh. Dia akan ketakutan dan tidak berdaya. Damsyik adalah salah satu kota terindah di zaman kuno. Akan tetapi, Tuhan mengumumkan bahwa kota yang terpuji dan kegirangan itu akan ditinggalkan. Ketika Tuhan menghancurkan kota itu, semua prajurit yang masih muda akan tewas. Alasan Tuhan menghukum Damsyik tidak disebutkan. Akan tetapi, penyebabnya mungkin karena orang Damsyik memusuhi umat Tuhan. Kitab Samuel, Raja-raja, dan Tawarikh mendokumentasikan permusuhan yang tak henti-hentinya antara orang Aram dengan bangsa Israel dan Yehuda. Penghakiman terhadap musuh-musuh Israel adalah bagian dari kesetiaan Tuhan terhadap janji-Nya kepada umat-Nya.

Selain Damsyik, Tuhan juga akan menghukum bangsa Arab. Bangsa Arab adalah keturunan Ismael. Mereka akan melarikan diri saat menghadapi tentara Babel. Tuhan mendorong mereka untuk melarikan diri dan bersembunyi di setiap liang yang bisa mereka temukan, karena Raja Nebukadnezar berencana melenyapkan mereka (49:30). Unta dan ternak mereka akan dijarah oleh orang Babel. Hazor akan menjadi tempat sepi yang didiami hewan liar. Alasan Tuhan menghukum Arab tidak disebutkan. Mungkin penyebabnya adalah kesetiaan Tuhan terhadap janji-Nya untuk menghukum musuh umat-Nya.

Elam terletak di sebelah timur Babel. Tuhan akan mematahkan busur Elam. Orang Elam merupakan pemanah yang sangat terkenal. Oleh karena itu, busur yang dipatahkan menunjuk kepada kekuatan militer yang dihancurkan. Tuhan akan menyerakkan orang Elam ke segala arah melalui serangan militer yang datang dari berbagai arah. Mengapa Tuhan menghakimi Elam, yang secara geografis sangat jauh dari Yehuda? Mungkin, ada permusuhan antara orang Elam dan Yehuda yang tidak dicatat dalam Alkitab. Mungkin pula penyebabnya adalah karena orang Elam bersekutu dengan orang Babel untuk menyerang Yehuda sehingga mereka ikut bersalah. Elam, Damsyik, dan Arab dihukum Tuhan karena alasan yang sama, yaitu menjadi musuh Tuhan dan musuh umat-Nya. Mereka adalah bangsa yang brutal. Apakah Anda pernah melihat atau mendengar sikap brutal pada masa kini. Menurut pendapat Anda, apakah kebrutalan akan dibiarkan oleh Tuhan? [J]

Date

Oct 15 2021
Expired!